News

Previous Next

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Peresmian Kantin BPI.

Dilingkungan kampus BPI di jalan Burangrang telah berdiri gedung 3 lantai yang diperuntukkan untuk kantin sekolah. Gedung kantin baru ini merupakan area kantin yang menggantikan lokasi kantin yang lama.

Dalam kesempatan ini Ketua Pembina Ir.H. Basuki S. Prawira, SE dan Ketua Pengurus Yayasan BPI Drs.Iyep Sobari, MMPd (plt) meresmikan penggunaan gedung megah yang terdiri dari 3 lantai.

Previous Next

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

Studi Banding UPK MGMP BPI

Unit Pelaksana Khusus (UPK) MGMP/MGBK/KKG BPI melaksanakan kegiatan studi banding ke MAN Insan Cendekia Serpong, Peringkat Pertama Sekolah Terbaik Tingkat Nasional berdasar nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud Tahun 2021, Kamis, 4 November 2021.

Previous Next

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

 
Gedung Museum memperingati Kongres Pemuda II
 
Lukisan di Jakarta pada tahun 1985 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda

Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (kini bernama Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

 
Delegasi pemuda Jawa (Jong Java)

Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda.[1] Naskah orisinil diabadikan menggunakan ejaan Van Ophuijsen.

https://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda

Previous Next

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Maulid Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wasallam (SAW.) dilahirkan di Makkah pada hari Senin 12 Rabiul Awal bertepatan dengan tahun Gajah atau 23 April 571 Masehi. Nabi Muhammad SAW. lahir dari pasangan Abdullah dan Aminah. Abdullah adalah putra dari Abdul Mutholib yang merupakan pemimpin suku Quraisy. Sementara Aminah merupakan putra dari Wahb, pemimpin Bani Zuhrah. Lahirnya Nabi Muhammad SAW. membawa perubahan besar dari mulai zaman jahiliyah sampai ke zaman islamiyah. Beliau menyerukan kepada seluruh umat manusia untuk berada di jalan Allah Swt. yang mana merupakan jalan yang lurus, jalan kebenaran, jalan tauhid. Oleh karena itu, kelahiran beliau merupakan salah satu peristiwa penting untuk dirayakan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Merayakan Maulid Nabi ini dapat dilakukan dengan membaca sholawat dan melakukan hal-hal kebajikan lain seperti santunan kepada anak yatim.

Beberapa hikmah yang dapat kita ambil dari Maulid Nabi Muhammad SAW. adalah kita dapat meneladani sifat dan akhlak beliau dalam hal kesabaran, keteguhan hati, dan terutama perjuangannya di jalan Allah Swt. Semua sifat Nabi Muhammad SAW. perlu dan wajib untuk diteladani. Beliau seperti sosok sempurna cerminan Al-Qur’an yang hadir di tengah-tengah umat manusia dengan kabar gembira. Hikmah lain yang dapat kita ambil yaitu meneguhkan rasa cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW. Kecintaan kepada utusan Allah Swt harus melampaui kecintaan kita kepada segalanya. Oleh karena itu, untuk mempertahankan kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW., Maulid Nabi menjadi salah satu pengingat kita untuk selalu memegang teguh prinsip tersebut.

http://formadiksi.um.ac.id/hikmah-maulid-nabi-muhammad-saw/

About Yayasan BPI

Yayasan BPI menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal sejak tanggal 18 Agustus 1948 yang salah satu misinya ialah mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Alamat: Jl.Burangrang No.8 Bandung, Jawa Barat.
email : yysbpi@edubpi.id 
N
o Tlp :  +62 22 730146

 

©2021 Yayasan Badan Perguruan Indonesia ll Rights Reserved.

Search